Minggu, 14 Juni 2015

Tugas 4 | Bahasa Indonesia | Softskill

Pengaruh Game Online Terhadap Siswa
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang Masalah
            Game Online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu.
            Internet merupakan ikon dari perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini. Semua orang di dunia telah mengenal dan menggunakan internet dengan baik..Hal tersebut telah membuat setiap individu terus berusaha agar dapat mengikuti setiap perkembangan teknologi yang ada,sehingga pengetahuan semakin bertambah dan maju seiring perkembangan zaman.
            Dari perkantoran hingga ke sekolah – sekolah kini telah menggunakan kecanggihan internet untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Bahkan sekolah – sekolah di Indonesia pun telah menjadikan internet sebagai bahan dan sarana belajar. “Apalagi sekarang banyak sekali warung internet (warnet) dan game center yang menjadi pusat bermain anak muda”. Selain itu jasa internet dapat membantu setiap pelajar Indonesia untuk mencari informasi apapun dari seluruh dunia,di luar dari fasilitas internet di sekolah.
            Namun kebanyakan pelajar di Indonesia menggunakan internet untuk bermain game online dan melihat situs – situs yang memberi dampak buruk misalnya situs porno. Contoh kasus yang beberapa waktu ini sedang heboh tentang kasus porno adalah video porno Ariel Peterpan dan Luna Maya serta Cut Tari.Kasus video yang marak akibat dari situs jejaring Facebook di internet ini memberi dampak buruk bagi pelajar dan anak - anak Indonesia.Selain itu pelajar Indonesia kini dimanjakan oleh game – game online yang terkadang tidak mendidik dan berbau kekerasan.Hal ini bukan hanya pada akhirnya mempengaruhi nilai mata pelajaran mereka tapi juga dengan kesehatan dan kegiatan  mereka,bahkan saat ini kita sering melihat banyak pelajar yang rela menginap di warnet hanya untuk bermain game online.
            Dari bukti nyata tersebut,kita mengetahui dampak negatif dari internet terutama bagi pelajar di Indonesia.Oleh karena itu diperlukan suatu penyadaran bagi setiap pelajar agar dapat mengetahui dampak negatif dari penyalahgunaan internet yang sering kali mereka lakukan hingga melupakan tugas utama mereka yaitu belajar.

1.2.   Rumusan dan Batasan Masalah
            Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan maka penulis memunculkan beberapa masalah untuk diteliti. Diantaranya sebagai berikut :
a.       Apakah penyebab pelajar sering bermain game online ?
b.      Bagaimana pengaruh dari game online ?
c.       Bagaimana cara mengatasi pengaruh  negatif dari game online ?

1.3.   Tujuan Penelitian
            Tujuan dari karya tulis ini adalah:
a.       Mengetahui penyebab pelajar menyukai game online.
b.      Mengetahui pengaruh game online bagi pelajar.
c.       Mengetahui cara mengatasi pengaruh  negatif game online.

1.4.   Metode Penelitian
            Berdasarkan masalah yang diteliti yaitu “ Pengaruh Game Online terhadap Siswa” maka dalam karya tulis ini digunakan metodologi kuantitatif dengan studi pendekatan. Secara teoritis, metodologi kuantitatif ini dapat memenuhi syarat, dimana suatu teori harus dapat dibuktikan secara empiris, sehingga kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

1.5.   Bibliografi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar