Pengaruh Game Online Terhadap Siswa
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang Masalah
Game Online adalah jenis permainan
komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan
adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi
yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Biasanya permainan daring
disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau
dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang
menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara
bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan
tertentu.
Internet merupakan ikon dari perkembangan
teknologi di era globalisasi saat ini. Semua orang di dunia telah mengenal dan
menggunakan internet dengan baik..Hal tersebut telah membuat setiap individu
terus berusaha agar dapat mengikuti setiap perkembangan teknologi yang
ada,sehingga pengetahuan semakin bertambah dan maju seiring perkembangan zaman.
Dari perkantoran hingga ke sekolah –
sekolah kini telah menggunakan kecanggihan internet untuk melakukan aktivitas
sehari – hari. Bahkan sekolah – sekolah di Indonesia pun telah menjadikan
internet sebagai bahan dan sarana belajar. “Apalagi sekarang banyak sekali
warung internet (warnet) dan game center yang menjadi pusat bermain anak muda”.
Selain itu jasa internet dapat membantu setiap pelajar Indonesia untuk mencari
informasi apapun dari seluruh dunia,di luar dari fasilitas internet di sekolah.
Namun kebanyakan pelajar di
Indonesia menggunakan internet untuk bermain game online dan melihat situs –
situs yang memberi dampak buruk misalnya situs porno. Contoh kasus yang
beberapa waktu ini sedang heboh tentang kasus porno adalah video porno Ariel
Peterpan dan Luna Maya serta Cut Tari.Kasus video yang marak akibat dari situs
jejaring Facebook di internet ini memberi dampak buruk bagi pelajar dan anak -
anak Indonesia.Selain itu pelajar Indonesia kini dimanjakan oleh game – game
online yang terkadang tidak mendidik dan berbau kekerasan.Hal ini bukan hanya
pada akhirnya mempengaruhi nilai mata pelajaran mereka tapi juga dengan
kesehatan dan kegiatan mereka,bahkan
saat ini kita sering melihat banyak pelajar yang rela menginap di warnet hanya
untuk bermain game online.
Dari bukti nyata tersebut,kita mengetahui
dampak negatif dari internet terutama bagi pelajar di Indonesia.Oleh karena itu
diperlukan suatu penyadaran bagi setiap pelajar agar dapat mengetahui dampak
negatif dari penyalahgunaan internet yang sering kali mereka lakukan hingga
melupakan tugas utama mereka yaitu belajar.
1.2.
Rumusan
dan Batasan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah disampaikan maka penulis memunculkan beberapa masalah
untuk diteliti. Diantaranya sebagai berikut :
a. Apakah
penyebab pelajar sering bermain game online ?
b. Bagaimana
pengaruh dari game online ?
c. Bagaimana
cara mengatasi pengaruh negatif dari
game online ?
1.3.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
dari karya tulis ini adalah:
a. Mengetahui
penyebab pelajar menyukai game online.
b. Mengetahui
pengaruh game online bagi pelajar.
c. Mengetahui
cara mengatasi pengaruh negatif game
online.
1.4.
Metode
Penelitian
Berdasarkan masalah yang diteliti
yaitu “ Pengaruh Game Online terhadap Siswa” maka dalam karya tulis ini digunakan
metodologi kuantitatif dengan studi pendekatan. Secara teoritis, metodologi
kuantitatif ini dapat memenuhi syarat, dimana suatu teori harus dapat
dibuktikan secara empiris, sehingga kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan
secara ilmiah.
1.5.
Bibliografi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar