Tatas Hidayat
2A114675
3 KB 08
Manusia dan komputer dewasa ini
memiliki hubungan yang sangat erat. Perkembangan zaman yang pesat menyebabkan
ketergantungan manusia terhadap komputer, baik yang mobile maupun non-mobile. Sehingga
interaksi manusia dan komputer merupakan kegiatan pasti yang dilakukan setiap
hari. Menurut Hewett, interaksi manusia komputer (IMK) adalah sebuah disiplin
ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi
interaktif dan berbagai aspek terkait. (Hewett, et al., 1992, 1996).
Dalam perspektif ilmu komputer,
IMK memiliki fokus terhadap interaksi khususnya interaksi antara satu atau
lebih manusia (user) dengan satu atau
lebih mesin komputasi (computer).
Istilah interaksi manusia dan komputer meliputi dua sisi, yaitu mesin dan manusia.
Mesin yang dimaksud yaitu berupa komputer, yang memiliki berbagai jenis antara
lain adalah mainframe, workstation, dan personal computer (pc). PC biasanya berbentuk desktop, laptop, serta gadget.
Selain komputer yang telah disebutkan di atas, terdapat komputer dalam bentuk
komputasi terdapu, contohnya bagian mesin cuci, kokpit pesawat terbang, microwave, ECU pada mobil, dan
lain-lain.
Berikutnya yang dimaksud manusia
ialah sekelompok orang atau sebuah organisasi, antarmuka yang termasuk dalam
aspek ini ialah sistem terdistribusi. Komunikasi antar manusia terbantu oleh
komputer, atau suatu pekerjaan kooperatif dikerjakan oleh sekelompok orang
dengan bantuan komputer.
IMK merupakan bidang antar
disiplin ilmu, dimana ilmu-ilmu tersebut memberikan penekanan pada aspek yang
berbeda. Beberapa disiplin ilmu tersebut ialah :
· Ilmu
Komputer, membahas tentang pencangan aplikasi dan antarmuka agar mudah
digunakan oleh manusia.
· Psikologi,
membahas tentang penerapan teori proses kognitif dan analisis empiris terhadap
perilaku pengguna.
· Antropologi
dan Sosiologi, membahas tentang interaksi antara teknologi, kerja, dan
organisasi. Teknologi memiliki pengaruh yang besar. Fokus sosiologi pada IMK
yaitu penekanan terhadap pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur
sosial.
· Perancangan
Grafis dan Tipografi, keahlian merancang grafik dan tipografi menjadi kunci
penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer. Antarmuka yang
disusun user friendly menjadikan
kemudahan dalam pengoperasian.
·
Teknik
Elektronika, memiliki fokus pada perancangan dari sisi perangkat keras.
· Ergonomik,
memiliki fokus pada kenyamanan selama penggunaan komputer oleh pengguna (user).
· Linguistik,
memiliki fokus pada pemilihan kosa kata yang menjadikan komunikasi antara
manusia-komputer semakin mudah.
· Perancangan
Industri, memiliki fokus pada produk-produk interaktif. Contoh dari produk
tersebut ialah tampilan layar, teknologi layar, dan lain sebagainya.
Daftar Pustaka
Insap Santoso. 2009. Interaksi Manusia dan Komputer Edisi 2.
Yogyakarta : ANDI OFFSET.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar